RUANG LINGKUP PEKERJAAN CCTV

RUANG LINGKUP INSTALASI CCTV

  • Survei lokasi yang akan dipasang CCTV
  • Instalasi kabel CCTV (coaxial cable)
  • Instalasi kabel power (kabel listrik 3 x 1.5)
  • Pemasangan camera dan sytem DVR
  • Testing dan Commissioning.

Survey Lokasi yang akan dipasangkan CCTV

Dalam hal ini, pelanggan (customer) berperan aktif dalam menentukan lokasi atau posisi camera dan jenis-jenis camera yang cocok untuk lokasi tersebut. Adapun jenis-jenis camera ada beberapa macam :

  1. CCD Camera : camera tetap (tidak bergerak) dimana lensanya dapat diganti sesuai kebutuhan.
  2. Dome Camera : camera tetap yang berbentuk setengah lingkaran yang bentuknya seperti lampu penerangan biasa digunakan di dalam ruangan (indoor).
  3. Infra Red Camera : camera tetap yang memiliki kelebihan dapat menampilkan situasi suatu area (lokasi) meskipun dalam keadaan penerangan dilokasi tersebut kurang bahkan gelap sekalipun.
  4. Speed Dome Camera : camera yang dapat bergerak kesamping (kiri dan kanan) juga ke atas dan ke bawah.

Uraian camera diatas memiliki spesifikasi bermacam-macam dan penggunaannya tergantung pada kebutuhan customer. Survey lokasi mencakup menentukan posisi letak dan arah camera, panjang instalasi kabel camera, dan panjang instalasi listrik (power) untuk camera.

 

Instalasi Kabel CCTV (Coaxial Cable)

Setelah melakukan survey lapangan dan hasil perhitungan survey disetujui oleh customer, langkah selanjutnya adalah instalasi kabel CCTV (Coaxial Cable). Penarikan akan dilakukan dari ruang Server (lokasi DVR) ke setiap lokasi penempatan kamera yang sudah ditentukan oleh pihak customer.

 

Instalasi Kabel Power (Power Cable)

Setelah instalasi kabel coaxial dilakukan, dilanjutkan penarikan kabel power (kabel listrik) untuk tiap-tiap kamera. Instalasi dilakukan dari ruang Server (lokasi DVR) ke setiap lokasi kamera.

 

Pemasangan Camera dan System DVR

Setelah semua instalasi kabel selesai (kabel coaxial dan kabel listrik) dilanjutkan dengan pemasangan kamera dan pemasangan system DVR (Digital Video Recording).

 

Testing dan Commissioning

Setelah semua  pekerjaan telah selesai dilakukan dengan baik yang terakhir adalah mengaktifkan dan melakukan pen-settingan DVR dan lensa kamera.

Jika posisi lensa kamera sudah sesuai dengan yang diinginkan oleh customer maka yang terakhir adalah melakukan uji fungsi pada system DVR dan dilakukan training cara pengoperasian system DVR kepada customer. 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: